CATAN GURU RANTAU : Tentang Sedekah Terbaik

[Source : Here]

Sedekah terbaik,
adalah sedekah tulus tanpa mengharap pamrih balasan yang dinanti.


Sedekah paling mulia,
adalah sedekah yang menjaga iffah (kehormatan) dari yang diberi, alpa tuk mengungkit, biarkan berlalu seakan tak pernah terjadi.


Sedekah paling hebat,
adakah sedekah yang jauh dari kata umpat, lemah-lembut, agar tak tercungkil rasa sombong di dada yang memberi, juga agar tak tertimbul rasa malu pada yang diberi.


Sedekah paling bernilai,
adalah sedekah yang lajunya tetap diseriusi, meski kantong di saku sudah lama tak penuh terisi. Tak pernah meminta kembali, meski hidup terlanjur pilu.


Sedekah paling bersinar,
adalah sedekah di waktu paling gelap, mengendap-endap, bergegas dengan cepat, takut kentara manusia yang sedang terlelap.


Karena sedekah, hakikatnya bukan sekedar tentang memberi. Namun tentang adab yang mengiringi di awalan maupun di akhiran. Bagaimana kita mendahului sedekah kita dengan niatan lurus tak berharap balasan, mengawalnya dengan ucapan santun agar tak menyakiti yang diberi seraya menjaga diri dari rasa besar di hati, dan terus memagarinya agar kemudian hari tak terbakar api riya bersama sombong.


Karena sedekah adalah pemberian penuh cinta pertanda kita bersaudara. Dan tentu, bilamana itu cinta, tak layak tuk kita tarik kembali, tak patut kita kotori dengan cercaan pada yang diberi, juga tak pantas kita cemari dengan ujub pada diri sendiri. Sedekah adalah cinta, agar semoga dengan cinta itu, Allah dekatkan langkah-langkah kaki kita menuju surga, dibangunkan oleh-Nya kediaman nan nyaman di Surga, dan Dia tuntaskan hidup kita dalam setangkup bahagia.

----------

tanah rantau 
jelang gelanggang juang.

Komentar

  1. Karena sedekah adalah pemberian penuh cinta pertanda kita bersaudara.

    Suka kata-kata ini 😍 Btw setuju bgt sama poin sedekah yg ada di tulisan ini

    BalasHapus
  2. Memberi oleh tangan kanan dan tangan kiri tidak boleh tau

    BalasHapus
  3. Jadi bukan harga, tp ketulusan dan keikhlasan nya😊

    BalasHapus
  4. Sedekah adalah tabungan menuju surga.

    BalasHapus
  5. Setuju...sedekah adalah cinta...juga rindu^_^

    BalasHapus
  6. sedekah tidak pernah seromantis ini

    BalasHapus
  7. Diksi dan isi tulisannya, selalu ngademin..

    MasyaAlloh..

    BalasHapus

Posting Komentar