[BookReview] Sejarah Dunia Kuno


Judul: Sejarah Dunia Kuno – Dari Cerita-Cerita Tertua Sampai Jatuhnya Roma
Penulis: Susan Wise Bauer
Penerjemah: Aloysius Prasetya A.
Penerbit: Elex Media Komputindo, 2017
ISBN: 978-979-27-9043-6
Bahasa: Indonesia
Jumlah Halaman: 1002 halaman
Pengarang : Susan Wise Bauer

---------------------------

1000 halaman!

Dengan jumlah halaman setebal itu, rasanya wajar jika buku ini kemudian menjadi salah satu buku terpanjang yang pernah saya baca. Ajaibnya, ini bukan sejenis novel atau dongeng yang kerap menjadi genre favorit saya. Ini adalah buku sejarah, boi. Sejarah umat manusia. Alamakjang

Belajar sejarah memang sering menjadi momok menjenuhkan. Narasi-narasi yang dibuat untuk menceritakan peristiwa di masa lampau biasanya amat monoton dan membosankan. Tidak mengundang gairah, bahkan malah justru mengundang kantuk. Wajar jika generasi muda kemudian merasa alergi, bukan?

Namun tidak demikian halnya dengan buku ini. Penulisnya, Susan Wise Bauer, mampu meramu aneka ragam perjalanan sejarah peradaban manusia dalam sebentuk tulisan yang menggugah untuk dibaca. Tidak bertele-tele, bahkan bisa dibilang cukup ringkas, karena per bagian sejarah dapat dirangkum dalam kisaran 4-8 halaman. 

Singkat? 1000 halaman bisa dibilang singkat?

Ehe. Jangan salah sangka, boi. Kita sedang berbicara peradaban manusia sepanjang 12.000 tahun, kawan. Dan dapat meringkaskannya dalam 1000 halaman sejatinya sudah termasuk sebuah prestasi yang luar biasa, mengingat sejarah, semakin ke belakang semakin sulit dilacak kebenaran faktanya. 

Sehingga, adanya buku setebal 1000 halaman ini dapat dikatakan sebagai sebuah rangkuman presisi akan sejarah umat manusia itu sendiri. Bukan hanya sekedar mengandalkan satu-dua sumber saja, melainkan buku ini disusun dengan puluhan bahkan ratusan pustaka referensi yang menjadi referensi penulisannya. Semua itu disatukan dalam sebentuk bacaan sejarah yang menarik, menyingkirkan beragam perbedaan pendapat yang kadang justru menambah bingung pembaca, dan kemudian disajikan dengan alur bahasa yang cenderung mudah dipahami bagi kalangan awam. 

Walhasil, kombinasi hal-hal tersebut, membuat saya jadi betah berlama-lama membaca uraian sejarah. Saya bisa kembali menikmati prosesi menekuri peradaban demi peradaban manusia yang sempat singgah di muka bumi, sambil seakan membayangkan bila kehidupan zaman mereka ada di hadapan saya sendiri. 

Dari buku ini, saya belajar banyak sudut pandang baru. Tentang kehidupan manusia. Tentang peradaban suatu bangsa. Dan tentang arti sejarah untuk masa depan kita sendiri.

Pokoknya recommended, deh! Harus baca! 1000 halaman, yakin tamat! Hehehe..

Komentar

  1. Seribu halaman!!! Tebel kaliiii... Sepertinya menarik buat dibaca. Masi terbit ngga ya? 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Gramedia, setau saya masih ada kak... Dan itu masih buku pertama... Buku Kedua juga hampir-hampir setebal itu...hehe

      Hapus
  2. 1000 halaman? Sejarah pula? Wkwkw... Oleng aku... Wkwkwk...

    Tapi tertarik untuk baca setelah baca review nya...

    BalasHapus
  3. What, 1000 halaman! Ngalahin bukunya Harry Potter

    BalasHapus
  4. Buku macam gini nih...yang bikin mata aku berbinar-binar...tapi 1000halaman yakin gk yaa.. kelar cepet?hehe

    BalasHapus
  5. pengen baca. 1000 halaman, bro. salut.

    BalasHapus

Posting Komentar