LAILATUL QADR : 'AFWA



اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي


Tentang Lailatul Qadr, malam yang fadhilahnya kita buru bersama di sisa Ramadhan tahun ini, ada baiknya bila kita menyimak sejenak hadis di bawah ini.


"Dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha-, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa do’a yang mesti kuucapkan?” 


Jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berdo’alah: ALLAHUMMA INNAKA 'AFUWWUN TUHIBBUL 'AFWA FA'FU'ANNI (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).”

[HR. Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850]


Imam Al Ghazali memberikan penjelasan yang menarik seputar perbedaan antara 'AFUW (maaf) dan MAGHFIROH (ampunan).


Maghfirah adalah ampunan Allah atas dosa-dosa kita, tetapi di Hari Pembalasan kelak, dosa-dosa tersebut tetap tertulis di dalam catatan amal kita. Allah akan menanyai perihal dosa-dosa tersebut, tetapi Allah tidak akan menghukum kita karenanya.


Sedangkan 'Afuw adalah ampunan Allah atas dosa-dosa kita, yang lalu dosa-dosa tersebut akan dihapus secara total dari buku amal kita. Allah tidak akan menanyai kita perihal dosa-dosa tersebut di Hari Pembalasan, dan tidak akan menghukum kita karenanya.


Demikianlah kawan. Tentang Lailatul Qadr, semoga sesesap tulisan ini menjadi bekal yang baik untuk kita bersama. Demi mencari keutamaan 1000 bulan yang terselip di satu malam tertanggal ganjil di akhir Ramadhan. Demi akhir nan purna untukku, untukmu, dan untuk kita bersama.


Ah, jadi selamat berburu, kawan. Semoga ketemu! Semoga diterima di sisi Dzul Arsyil 'Adzim!


o-●-o-●-o-●-o-●


NB: Disarikan dari Taujih Ba’da Zuhur di Masjid Namira, Lamongan. Semoga Berkenan!


o-●-o-●-o-●-o-●


Lamongan,
29 Mei 2019

Komentar